Cek Status SK Tunjangan Profesi Guru di P2TK

Untuk melakukan pengecekan apakah SK Tunjangan Profesi (SKTP) sudah cetak apa belum bisa dilakukan di website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar. April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair. Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun.

Mulai tahun ini, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi dengan cara sistem digital dan manual. Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik.

Berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2013. Tunjangan profesi guru sertifikasi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 – 16 setiap triwulan, dengan rincian:

  • 9 – 16 April 2013 untuk triwulan I
  • 9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II
  • 9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III
  • 9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV

Sebelum tunjangan profesi guru dicairkan, diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan. Untuk melihat status penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen bisa dicek secara online. Data yang bisa diketahui adalah data diri guru dan status tunjangan profesi.

Berikut adalah cara mengecek SKTP di P2TK Dikdas.
1. Kunjungi website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar di sini

Anda akan melihat tampilan laman seperti ini

2. Login di form INFO SK, dengan memasukan NUPTK dan passwordnya adalah tanggal lahir anda dengan format YYYYMMHH. Contoh 29 Januari 1987 menjadi 19870129.
3. Jika Anda berhasil login, maka dapat mengetahui status apakah SKTP Anda sudah cetak atau belum, dan data Anda seperti gambar di bawah ini.

Tampilan jika Anda berhasil login

Perlu diketahui, data yang ditampilkan pada laman hasil login tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan. Data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan.

Sudahkah Bapak Ibu mengecek datanya? Jika Bapak Ibu kesulitan mengakses website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar yang beralamat di http://116.66.201.163:8000/index.php itu bisa dikarenakan beberapa hal. Terlalu banyak orang yang mengakses web tersebut sehingg server down ataupun bisa jadi website memang dalam pemeliharaan sehingga tidak bisa dibuka. Coba akses pada jam-jam sepi, semisal tengah malam atau subuh untuk mengecek status SKTP.

UPDATE : 13 April 2013
Sejak malam ini pukul 19.00 WIB website Direktorat P2TK Dikdas sudah bisa diakses kembali. Silahkan anda coba cek data kembali melalui link yang sudah diberikan diatas.
CATATAN :
1. Jika hasil yang muncul hanya berupa DATA GURU artinya data SK Tunjangan Profesi anda masih dalam proses verifikasi atau sinkronisasi data. Semua data anda akan dikompilasi dulu dengan data Dapodik (Data Pokok Pendidikan) yang dikirim oleh operator sekolah masing-masing ke server pusat. Silahkan cek data sekolah masing-masing yang masuk ke Info Pendataan Dikdas yang dikirim dengan aplikasi AP2SG di link Reporting progress pendataan. Jika pada keterangan tertulis Cek Konversi berarti masih dalam status sinkronisasi. Download data hanya bisa dilakukan oleh operator sekolah dengan username dan password masing-masing.
2. Direktorat P2TK Dikdas juga melakukan cross check data dengan Sistem Manajemen Pendataan Pendidikan yang masuk di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/.
3. Segera informasikan jika ada kesalahan data kepada operator di sekolah masing-masing jika ada kesalahan misalnya NIP salah, Tempat Tugas bukan lokasi tugas sekarang,dst.

sumber :

  1. http://www.rayhanzhampiet.com/2013/04/Cara-Cek-Online-SK-Tunjangan-Profesi-SKTP-Guru-2013.html
  2. http://www.sekolahdasar.net/2013/04/cara-cek-status-sk-tunjangan-profesi-di.html#ixzz2Pvy1BP1q
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Comments

  1. dede says:

    dalam pengecean sktf sudah log in tapi selalu eror username tidak ditemukan padahal username sdh benar serta pasword nya dan data didapodi sudah benar dan dinyataan sudah layak dpt tunjangan, mohon info nya gimana sampe pusing saya, msksh

  2. St. anang Mardyanto says:

    Kementrian membuat web umtuk mengetahui segala sesuatu yg berhubungan dengan tunjangan guru, tapi kenyataannya apa ? bukan memberikan solusi malah membuat masalah, website dibuat tapi untuk masuk mengakses saja kita tidak bisa masuk, jadi buat apa website dibuat ??? kalau seperti itu lebih baik kembali ke manual saja. maksudnya sih bagus dalam membuat web, supaya semua mudah mengakses, tapi kalau belum siap buat apa diorbitkan > terimakasih

    • admin says:

      betul pak, servernya pake server PC desktop kali.. jadi diakses guru se indonesia nggak kuat …